Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan
Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan B - Requirement Elicitation
Kelompok :
Christoffer Ivano 05111940000091
Melanchthon Bonifacio 05111940000097
Aji Rindra FPF 05111940000205
Tugas 4 disini membahas mengenai Requirement Elicitation yang dimana kebutuhan elisitasi tersebut berdasarkan dari salah satu aplikasi web e-commerce, yaitu Sistem Informasi Senikersku.
Deskripsi Aplikasi
Aplikasi Sistem Informasi Senikersku merupakan aplikasi web
e-commerce yang menyediakan produk katalog yang disediakan oleh Senikersku itu
sendiri, produk yang dicakup merupakan Sepatu Senikers yang sangat stylish.
Aplikasi ini dirancang agar pembelian suatu produk tidak perlu dilakukan secara
tatap muka dikarenakan adanya pandemi yang sedang berlangsung. Dengan adanya
aplikasi web e-commerce tersebut, pembelian produk dilakukan secara online dan
tidak perlu melakukan tatap muka antara pembeli dan penjual.
Elicitation
Pada proses elisitasi kebutuhan, khususnya elisitasi kebutuhan perangkat lunak,
terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan agar elisitasi berjalan dengan
baik. Mulai dari penggalian kebutuhan, hingga ruang lingkup perangkat lunak
harus dikupas tuntas. Untuk lebih detail, berikut adalah langkah yang perlu
diambil dalam proses elisitasi kebutuhan :
- Mengidentifikasi
Stakeholder / Pemangku Kepentingan
- Mengemukakan
pertanyaan-pertanyaan kepada stakeholder
- Menggali
kebutuhan fungsional dan non-fungsional
- Menetapkan
spesifikasi aplikasi
Stakeholder
- Perusahaan
Senikersku,
- Pihak
yang membutuhkan sistem e-commerce
- Pegawai
/ admin Senikersku,
- Pihak
yang menggunakan sistem e-commerce untuk mengelola produk dan transaksi
penjualan
- Pengguna/pembeli,
- Pihak
yang menggunakan sistem e-commerce untuk melakukan transaksi pembelian
- Penyedia
Metode Pembayaran
- Pihak
yang menyediakan metode pembayaran dalam sistem e-commerce saat
pengguna/pembeli melakukan transaksi.
- Pengembang
aplikasi,
- Pihak
yang mengembangkan sistem e-commerce sesuai kebutuhan dan spesifikasi
yang disepakati
Adapun kebutuhan yang ditemukan sebagai berikut
Kebutuhan Pembeli
- Sistem
dapat menyediakan fitur untuk pembeli agar dapat mencari barang yang
diinginkan.
- Sistem
dapat menyediakan layanan agar pembeli dapat melakukan pembayaran untuk
barang yang telah dipesan.
- Sistem
dapat menampilkan stock produk yang tersedia.
- Sistem
dapat membantu pembeli untuk melacak pengiriman dari produk yang telah
mereka beli.
Kebutuhan Pegawai
- Sistem
dapat menyediakan fitur untuk mengelola data barang sehingga pegawai dapat
mengelola barang yang ingin mereka jual.
- Sistem
dapat menyediakan fitur mengelola promosi barang agar pegawai dapat
memberikan info tentang promosi terbaru.
- Sistem
menyediakan layanan melihat data pembeli agar pegawai dapat mengetahui
alamat tujuan pengiriman barang
- Sistem
menyediakan fitur mengubah status pemesanan agar pegawai dapat menginfokan
kepada pembeli status dari pesanan mereka
Kebutuhan Penyedia Pembayaran
- Sistem
dapat memberikan keuntungan dari tiap pembayaran menggunakan metode yang
diasosiasikan dengannya.
- Sistem
menyediakan layanan yang memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan
admin dan menerima laporan pendapatan.
Kebutuhan Fungsional :
- Sistem
menyediakan akses untuk membuat akun dan log in.
- Sistem
dapat memberikan akses manajemen untuk mengelola data produk.
- Sistem
dapat menampilkan produk.
- Sistem
dapat mendukung untuk melakukan pembayaran.
- Sistem
dapat mendukung untuk melakukan pembayaran.
- Sistem
dapat mendukung untuk memberikan review terhadap barang yang telah dibeli.
- Sistem
dapat menampilkan pelacakan produk yang dibeli.
- Sistem
dapat memberikan akses manajemen untuk mengelola data pembelian.
Kebutuhan Non-Fungsional
- Sistem
dapat berjalan 24 jam dalam satu minggu (24/7)
- Sistem
dapat diakses dari berbagai perangkat
- Sistem
dapat diakses dari berbagai browser
- Sistem
memiliki User Interface yang menarik
- Sistem
memiliki response time < 5 detik saat user/admin melakukan action
Pertanyaan Interview
- Aplikasi
seperti apa yang anda butuhkan?
- Fitur
apa saja yang harus ada untuk sistem e-commerce anda?
- Kesulitan
apa yang dialami saat melakukan transaksi secara konvensional?
Jawaban Interview
- Aplikasi
yang kami butuhkan adalah aplikasi yang dapat mewadahi admin / pegawai
dari Senikersku untuk mengolah data barang jualan dan mengolah data
penjualan terhadap pembeli. Pembeli juga diharapkan dapat melakukan
pembelian untuk barang yang telah kami input ke dalam aplikasi dan
menggunakan metode pembayaran yang telah disediakan oleh sistem.
- Dari
segi user, yang pertama tentunya user membutuhkan fitur cart (keranjang
belanja) dan juga fitur wishlist. Hal ini akan memungkinkan user untuk
mengelola barang-barang yang akan dibeli nantinya. Kemudian user harus
dapat melakukan pembayaran dengan berbagai metode, misalnya dengan
transfer bank ataupun dengan menggunakan e-wallet. Fitur berikut yang
harus ada yaitu fitur tracking untuk melacak barang yang telah dibeli oleh
user. Dan yang terakhir adalah fitur history transaksi. Kemudian dari segi
admin, di luar dari fitur-fitur utama seperti mengelola barang, dan
melihat detail transaksi, admin juga harus dapat melihat infographic
sistem informasi yang berisi pengunjung website, dan transaksi yang telah
dilakukan.
- Melakukan
transaksi secara konvensional tentunya membatasi pembeli yang ingin
menjaga jarak selama masa pandemi ini. Karena pembeli harus datang dan
mungkin harus mencoba terlebih dahulu untuk produk yang mereka inginkan.
Jadi, penjualan secara konvensional mengalami penurunan yang cukup signifikan.
Rincian Tim Pengembang
- Project
Manager
- UI/UX
Designer
- Frontend
Developer
- Backend
Developer
- System
Analyst
- Tester
Spesifikasi Sistem
Sistem memiliki spesifikasi sebagai berikut :
- Sistem
operasi : Windows
- Framework
: Laravel
- Programming
Language : PHP
- Scripting
Language : MySQL
- SQL
Server : Microsoft SQL Server
- DBMS
: SQLite
Comments
Post a Comment