Tugas 2 Rekayasa Kebutuhan B
1. Elicitating
Proses Elisitasi dari Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Aplikasi (SKPL) di atas dilakukan dengan cara wawancara dari pemilik dari Senikersku. Dari hasil wawancara didapatkan data sebagai berikut:
- Admin dapat menambahkan barang, merubah detail barang, dan menghapus barang dari web.
- Admin dapat melihat dan mengonfirmasi pesanan dari pembeli.
- Admin dapat membuat promosi untuk barang jualannya.
- Pembeli dapat melakukan registrasi dan log in.
- Pembeli dapat membeli barang yang tersedia di web.
2. Understanding
Pada
tahapan Understanding, dilakukan pemaknaan pada proses elisitasi sebelumnya,
seperti berikut :
- Admin dapat mengelola promosi barang.
- Admin dapat mengubah status pemesanan.
- Admin dapat mengelola barang.
- Admin dapat melihat data pembeli.
- Pembeli dapat melakukan registrasi.
- Pembeli dapat mengganti detail akun.
- Pembeli dapat memilih barang.
- Pembeli dapat melakukan pembelian.
- Pembeli dapat memilih barang di whislist.
- Pembeli dapat melakukan pembayaran.
- Pembeli dapat mengisi form pembayaran.
- Pembeli dapat melacak barang pesanan.
- Pembeli dapat melihat riwayat pembelian.
- Pembeli dapat memberi ulasan barang.
- Pembeli dan admin dapat melakukan chat online.
- Pembeli dan admin dapat melihat ulasan barang.
3.
Specifying
Dari
elisitasi dan pemahaman pada poin sebelumnya, memberikan gambaran spesifikasi
dari perangkat yang akan diperlukan dan digunakan. Berikut untuk detailnya :
- Terdapat 2 aktor yaitu pembeli dan admin.
- Sistem dapat menyimpan dan memperbaharui
detail barang jualan.
- Sistem dapat menyimpan data akun dari admin
dan pembeli.
- Sistem dapat melakukan pencarian barang dari
keyword yang dimasukkan oleh aktor.
- Sistem dapat menyimpan data pembelian dan
pembayaran dari pembeli.

4.
Validating
- Tahap pertama : Rancangan dari aplikasi yang dibutuhkan akan didiskusikan kepada pemilik Senikersku
- Tahap kedua : Melakukan testing pada aplikasi yang dikembangkan.
- Tahap ketiga : Melakukan evaluasi dari aplikasi yang dikembangkan dan mengumpulkan saran dari pemilik Senikersku.
- Tahap keempat : Melakukan deployment aplikasi pada server kemudian melakukan pemeliharaan dan debug sistem secara berkala / sesuai kebutuhan.
Output
- Perangkat lunak klien untuk aplikasi Senikersku
- Server untuk aplikasi Senikersku
Comments
Post a Comment