Tugas 2 Rekayasa Kebutuhan B

 1. Elicitating

Proses Elisitasi dari Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak Aplikasi (SKPL) di atas dilakukan dengan cara wawancara dari pemilik dari Senikersku. Dari hasil wawancara didapatkan data sebagai berikut:

  • Admin dapat menambahkan barang, merubah detail barang, dan menghapus barang dari web.
  • Admin dapat melihat dan mengonfirmasi pesanan dari pembeli.
  • Admin dapat membuat promosi untuk barang jualannya.
  • Pembeli dapat melakukan registrasi dan log in.
  • Pembeli dapat membeli barang yang tersedia di web.

2. Understanding


Pada tahapan Understanding, dilakukan pemaknaan pada proses elisitasi sebelumnya, seperti berikut :

  • Admin dapat mengelola promosi barang.
  • Admin dapat mengubah status pemesanan.
  • Admin dapat mengelola barang.
  • Admin dapat melihat data pembeli.
  • Pembeli dapat melakukan registrasi.
  • Pembeli dapat mengganti detail akun.
  • Pembeli dapat memilih barang.
  • Pembeli dapat melakukan pembelian.
  • Pembeli dapat memilih barang di whislist.
  • Pembeli dapat melakukan pembayaran.
  • Pembeli dapat mengisi form pembayaran.
  • Pembeli dapat melacak barang pesanan.
  • Pembeli dapat melihat riwayat pembelian.
  • Pembeli dapat memberi ulasan barang.
  • Pembeli dan admin dapat melakukan chat online.
  • Pembeli dan admin dapat melihat ulasan barang.

3. Specifying

 

Dari elisitasi dan pemahaman pada poin sebelumnya, memberikan gambaran spesifikasi dari perangkat yang akan diperlukan dan digunakan. Berikut untuk detailnya :

  • Terdapat 2 aktor yaitu pembeli dan admin.
  • Sistem dapat menyimpan dan memperbaharui detail barang jualan.
  • Sistem dapat menyimpan data akun dari admin dan pembeli.
  • Sistem dapat melakukan pencarian barang dari keyword yang dimasukkan oleh aktor.
  • Sistem dapat menyimpan data pembelian dan pembayaran dari pembeli.



 

4. Validating

 Berikut adalah tahapan-tahapan untuk menguji dan memvalidasi apakah sistem berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna:

 

  • Tahap pertama : Rancangan dari aplikasi yang dibutuhkan akan didiskusikan kepada pemilik Senikersku
  • Tahap kedua : Melakukan testing pada aplikasi yang dikembangkan.
  • Tahap ketiga : Melakukan evaluasi dari aplikasi yang dikembangkan dan mengumpulkan saran dari pemilik Senikersku.
  • Tahap keempat : Melakukan deployment aplikasi pada server kemudian melakukan pemeliharaan dan debug sistem secara berkala / sesuai kebutuhan.

Output

 

  • Perangkat lunak klien untuk aplikasi Senikersku
  • Server untuk aplikasi Senikersku

 


Comments

Popular posts from this blog

Web CV

Tugas Form Validasi

Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan B